Perbedaan kalibrasi, verifikasi, dan validasi


Perbedaan kalibrasi, verifikasi, dan validasi. Dalam dunia baik kimia maupun farmasi, kata kalibrasi dan verifikasi memiliki hubungan yang erat dan orang sering kali mengaitkannya sebagai persamaan, namun kedua kata tersebut sangatlah berbeda. Kalibrasi lebih merujuk untuk mengetahui spesifikasi alat terkini yang ada pada alat tersebut sedangkan untuk verifikasi lebih ke-membenarkan spesifikasi alat tersebut apakah benar segitu. Lalu terdapat validasi dimana merupakan gabungan dari kedua parameter tersebut untuk menyatakan apakah hasil yang didapatkan valid. 

Untuk lebih jelasnya pertama dilakukan kalibrasi, lalu verifikasi, dan terakhir validasi. Penjelasan lebih lengkapnya dapat dilihat dibawah ini. 

Kalibrasi
Kalibrasi adalah pengukuran nilai dari suatu alat yang di tes dibandingkan dengan standar akurasi tertentu. Kalibrasi merupakan kondisi tertentu untuk menentukan tingkat kesamaan nilai yang diperoleh dari sebuah alat atau sistem ukur, atau nilai yang direpresentasikan dari pengukuran bahan dan membandingkannya dengan nilai yang telah diketahui dari suatu acuan standar.

Hasil dari kalibrasi dapat diketahui:
  • Error atau selisih antara alat yang diukur dengan standar nilai masih dalam batas toleransi
  • Selisih yang terlalu jauh tetapi tidak membutuhkan penyesuaian atau adjustment
  • Penyesuaian dibutuhkan untuk mengkoreksi nilai sesuai standar tertentu
Verifikasi
Verifikasi adalah proses “konfirmasi” bahwa syarat dalam spesifikasi terpenuhi. Spesifikasi bisa didapat dari manual alat ataupun aturan stanndar tertentu, seperti ISO atau ASTM.

  • Mengkonfirmasi perfoma dari suatu alat berdasarkan spesifikasi atau kebutuhan tertentu.
  • Memastikan peralatan tersebut bekerja dengan benar sesuai tujuannya.
  • Tidak memeriksa seluruh range kerja alat. Hanya memastikan dapat diterima dan bekerja di range alat tersebut.
  • Langsung memutuskan dari hasil verifikasi tersebut, apakah :
  1. rekalibrasi
  2. penyesuaian
  3. kelanjutan penggunaan
  4. Perbaikan
  5. Penggantian baru
Validasi
Validasi merupakan gabungan dari kalibrasi dan verifikasi, tetapi hasil akhirnya adalah keluaran dari suatu proses sistem. Validasi, adalah memastikan bahwa peralatan yang sudah di kalibrasi maupun di verifikasi layak dipasang kembali ke sistem. Fungsi lain dari validasi adalah gabungan dari peralatan instumen yang memenuhi syarat dalam suatu sistem proses. 

Adapula perbedaan dari segi penggunaan paramater, untuk kalibrasi dan verifikasi hanya berlaku untuk alat (instrument) sedangkan untuk validasi berlaku untuk metode yang digunakan (proses). 

Keywords: Perbedaan kalibrasi, verifikasi, validasi. Penjelasan kalibrasi, pengertian verifikasi dan validasi, perbedaan kalibrasi dan verifikasi, perbedaan verifikasi dan validasi. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »