Interview berjalan lancar namun di tolak HRD? Ini alasannya

Interview berjalan lancar namun di tolak HRD? Ini alasannya. Beberapa orang mungkin memiliki pengalaman dalam menjalani wawancara HRD maupun wawancara user, tapi tidak sedikit juga yang ragu akan hasilnya. 

Di sisi lain kita memikirkan bagaimana cara agar dapat lolos ke tahap berikutnya. Tapi jangan terburu buru ya karena pada tahap seleksi awal memang sangat rentan/rawan penolakan karena adanya beberapa alasan.

1. Jawaban kurang memuaskan

Yap kita pasti pernah merasakan bagaimana susahnya berpikir ketika berhadapan langsung dengan HRD dan juga orang orang baru. Ketika jawaban kita terlihat kurang lancar dan tersendak sendak maka HRD dapat membaca bahwa kita belum siap dalam bidang ini. 

Namun disetiap perusahaan itu berbeda, cara penilaiannya pun berbeda baik dari segi penampilan maupun dari segi intelektual. Cobalah memberikan jawaban dengan lancar dan penuh percaya diri karena pekerjaanmu tergantung dari apa yang kamu ucapkan. 

2. Tidak membaca profil perusahaan

Banyak sekali yang melupakan hal ini. Contohnya saja perusahaan k*lbe mungkin sebagian dari kita mengiranya ini perusahaan hanya berproses pada farmasi saja yang menjual obat, Namun banyak produk" mereka yang telah laku dipasaran yang kita tidak lihat seperti susu, multivitamin, dll. 

Hasilnya? Mereka akan seperti mengetahui dengan dalam perusahaan tersebut namun nyatanya salah. Mengetahui profil perusahaan begitu penting saat wawancara untuk memberikan gambaran tentang perusahaan yang akan kita tempati bekerja nanti. 

3. Sedang dalam proses

Jika kamu berpikir lamaranmu ditolak, coba pikirkan lagi. Bisa jadi perusahaan sedang mengumpulkan berkas atau menyeleksi berkas yang masuk. 

Ingat dalam proses rekrutmen kamu tidak sendirian. Bahkan proses rekrutmen bisa jadi ada 2/3 gelombang dan akan membuat proses seleksi menjadi agak lama. Pengalaman saya sendiri agar dipanggil kembali untuk tahap selanjutnya membutuhkan waktu 1 bulan dan itu diperusahaan yang saya sebutkan diatas hehe

4. Perusahaan menyimpan data kamu

Jangan berkecil hati jika kamu ditolak atau belum dapat panggilan dari HRD. Kenapa? Biasanya beberapa perusahaan akan menyimpan data calon karyawannya dan akan menghubunginya kembali jika dikira masih membutuhkan tambahan tenaga. 

Tapi tiap perusahaan berbeda ya jadi jangan terlalu berharap, intinya kalian harus tetap optimis bisa lolos ditahap seleksi hingga akhirnya training (tahap paling akhir). 

5. Kamu di tolak

Ada beberapa alasan mengapa kamu ditolak HRD, yang pertama sudah saya sebutkan dan kemungkinan lainnya kamu tidak masuk kriteria perusahaan. Ya mungkin saat seleksi berkas kamu lolos namun saat memaparkan jawaban kamu gagal. 

Jika sudah begini apa boleh buat (maksimal menunggu 1 bulab setelah proses interview HRD) cari perusahaan lain dan semoga saya di lain hari kamu mendapatkan panggilan kerja pertamamu! 

Keywords: interview HRD, interview HRD lancar, alasan di tolak HRD, Mengapa Interview bisa gagal, Wawancara HRD berhasil, Ciri ciri interview gagal. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

2 Comments