7 CARA AGAR ORANG MAU MEMBACA BLOG KAMU!

apakah blog sobat itu merupakan blog yang sepi pembaca? ingin agar orang nyaman membaca blog sobat? mungkin ada alasan tertentu mengapa blog tersebut sepi. dikarenakan mungkin blog sobat ada di urutan terendah pada mesin pencari atau karena ketika orang melihat blog sobat pas masuk dengan melihat judul atau tampilannya saja sudah membuat seseorang malas untuk membacanya.

faktor lain karena artikel yang sobat tayangkan kurang menarik. dengan itu membuat banyak pemula blogger seperti saya sempat berpikir bahwa membuat blog itu hanya membuang buang waktu. tapi kenyataannya tidak, coba bayangkan jika blog sobat tampilannya menarik serta artikelnya berkualitas akan membuat banyak orang akan berlama lama dalam blog sobat. dengan banyaknya  orang yang membaca blog tersebut akan membuat sobat berpikir ulang ingin melanjutkan blog sobat dengan banyak artikel lainnya.

lantas bagaimana cara agar orang menjadi nyaman membaca? jika sobat memperhatikan tips dibawah ini mungkin sobat akan menemukan beberapa hal yang akan menuntun sobat membangun blog yang nyaman bagi pengunjung.

7 CARA AGAR ORANG FOKUS MEMBACA ARTIKEL KAMU!

BUAT JUDUL SEMENARIK MUNGKIN
ketika seseorang pertama kali mengunjungi blog sobat pasti hal pertama yang akan dia lihat adalah judul dari blog sobat sebelum ia pindah ke halaman lainnya. maka jadikanlah judul sobat menjadi semenarik mungkin agar orang terarah sekaligus percaya bahwa blog yang dia kunjungi adalah betul sesuai dengan yang dia cari.

perlu sobat ketahui jangan memberikan terlalu banyak informasi pada judul sobat agar orang menjadi ingin membaca artikel sobat karena rasa ingin tahu yang besar. tambahkan juga sedikit "misteri" agar orang menjadi penasaran dan segera membaca artikel sobat. jangan sampai sobat salah dalam menyajikan artikel yang membuat orang akan pusing dan akhirnya meninggalkan blog sobat. itu akan memberikan kesan yang buruk. buatlah judul yang menarik pengunjung dan konten didalamnya harus lah berkaitan dengan judul tersebut.

PANDAI MERINGKAS KALIMAT

belajarlah untuk membuat kalimat yang panjang lalu membuatnya menjadi pendek dengan cara menampilkan ide ide yang di unggulkan saja. cobalah untuk menjadikan kalimat panjang tersebut menjadi tiga atau empat kalimat dengan begitu para pembaca akan lebih mudah mengerti secara singkat dan juga menjadikan blog sobat nyaman untuk dibaca karena orang orang mudah mengerti dari ringkasan kalimat sobat.

jika sobat memang harus membahas artikel tersebut panjang lebar, maka usahakan memberikan banyak ruang membaca, maksud saya artikel yang panjang juga dapat membuat seseorang nyaman membaca hanya dengan mengandalkan banyaknya ruang putih. dengan kurangnya konten konten atau iklan yang akan membuat orang menjadi tidak fokus lagi membaca artikel sobat

GUNAKAN BEBERAPA HUMOR
jika sobat seseorang yang humoris, maka peluang sobat dalam blog tersebut untuk membuat orang tertawa ataupun menghibur pembaca agar tidak terlalu bosan membaca artikel sobat. semua orang pasti suka konten yang membuatnya terhibur kan. bisa dengan beberapa kalimat saja yang berisi tebakan atau dapat juga mengambil gambar konten konten lucu lainnya di internet. itu sebuah peluang yang bisa sobat manfaatkan. dan bagaimana jika kita bukan seseorang yang humoris.....?
itu tidak menjadi masalah selagi artikel yang sobat tayangkan tersebut berkualitas. hanya dua hal yang bisa sobat pilih yaitu usaha atau tidak sama sekali.

BUAT BEBERAPA DAFTAR POIN
ini adalah salah satu cara agar pembaca menjadi tertarik dan betah berlama lama diblog sobat. buatlah ringkasan dengan menggunakan poin poin. misal seperti dibawah
•    gunakan helm saat mengendarai motor untuk menjaga kepala dari bahaya
•    selalu berhati hati mengendarai
•    perhatikan rambu lalu lintas
contoh diatas adalah salah satunya. seseorang akan tertarik membaca dengan mengikuti langkah langkah atau step by step. itu dikarenakan pembaca akan berpikir dengan mengikut poin poin yang sudah sobat buat.

SERTAKAN GAMBAR MENARIK
biasanya pembaca mencari artikel yang mempunyai gambaran tentang konten yang ada pada artikel tersebut. hanya dengan melihat gambarnya maka pembaca akan mengetahui apakah konten yang disajikan berkualitas atau tidak. gambar juga digunakan sebagai ikon yang merujuk pada blog tersebut.

kebanyakan pembaca akan lebih senang melihat gambar gambar ketimbang dengan membaca sebuah artikel yang mempunya kata 1000-2000 (wow itu artikel atau koran hehe) adanya sebuah gambar dalam artikel juga dapat meringankan paham dari pembaca. ingat artikel yang saya maksud ini berujung pada yang berisi TUTORIAL dan sangat tidak disarankan untuk menambahkan gambar jika memang tidak dibutuhkan :D
 
TAMBAHKAN TAUTAN YANG RELEVAN   
menambahkan tautan yang bermanfaat juga menjadi salah satu cara untuk membuat pengunjung bertahan lama diblog sobat. tautan internal kembali ke konten landasan sobat sendiri yang akan membuat orang membaca materi terbaik sobat. sedangkan tautan eksternal menunjukkan bahwa sobat telah meneliti konten yang akan sobat bagikan pada blog.

konten yang bagus menggunakan keduanya sehingga terlihat keseriusan dalam membuat blog itu. keuntungan tautan internal adalah mereka yang membuatnya kurang frustasi ketika mulai ada kotoran muncul di blog sobat (mereka yang memotong dan menempelkannya pada blognya sendiri tanpa atribusi)

NADA YANG TEPAT

wah maksudnya kita disuruh bernyanyi gitu? tidak. yang saya maksud disini ialah kekhas-an kalian dalam membawakan artikel tersebut. semua editor web akan memberitahukan bahwa usalan berita, konten yang disajikan, pembawaannya dan semuanya adalah bagus dan mempunyai nada yang tepat sehingga para pembaca ikut terhanyut dalam konten yang sobat sajikan.
kecuali sobat menuliskan laporan penting atau sasaran suatu sistem maka ini tidak direkomendasikan. buatlah kalimat yang memiliki nada yang dapat menghubungkan kalian dengan pembaca sehingga membuat orang lebih suka berlama lama diblog sobat. ini adalah blog, semua orang akan menanggapi hal positif yang bersifat pribadi dan tentunya dengan pembawaan yang menyentuh hati pembaca.

sampai disini jika sobat mengikuti dan memahami seluruh panduan diatas mungkin sobat akan mendapatkan sedikit pelajaran yang nantinya akan membuat blog sobat ramai pengunjung. langkah langkah diatas adalah satu peluang yang bisa sobat terapkan pada blog sobat nantinya, jika sobat masih bingung dengan penjelasan diatas bisa berkomentar dibawah ini dan akan saya jawab sesuai kemampuan saya.

"Dalam setiap usaha selalu ada jalan menuju sukses. Maka dari itu, belajarlah untuk terus mencoba agar kelak kau berhasil"
#mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »

2 Comments