MEMBANGUN BACKLINK BLOG BERKUALITAS


backlink yang berarti situs yang tertaut ke situs sobat adalah faktor penting dari sebagian besar mesin telusur, agar menaikkan situs ke peringkat tertinggi. Jadi, semakin banyak backlink semakin banyak lalu lintas yang dihasilkan.

Karena lalu lintas itu secara langsung terkait dengan kualitas backlink yang dimiliki situs web sobat, semakin banyak situs web aktif yang menautkan ke sobat, semakin baik peringkat dan lalu lintas yang akan sobat dapatkan.


Dan tentu saja sobat ingin mengawasi peringkat Google sobat. Saat merayapi web, Google akan terutama mencari tautan balik situs web sobat, untuk memahami bagaimana halaman sobat terhubung satu sama lain dan dengan cara apa. Tentu saja ada ratusan faktor. Namun, backlink mewakili faktor yang paling penting untuk SEO.


Tidak perlu dikatakan lagi, backlink berkualitas sulit didapatkan, tetapi seharusnya tidak demikian. Sebenarnya ada cara cerdas untuk membangun atau memperoleh backlink, untuk mendapatkan situs web yang berwenang untuk menautkannya keblog sobat.


Untuk alasan ini, sobat perlu belajar cara membangun backlink berkualitas ke blog sobat.
Tapi apa sebenarnya yang merupakan backlink berkualitas? Tidak semua tautan balik memiliki nilai yang sama. Bahkan, ada beberapa backlink bernilai jauh lebih banyak dari yang lain. 


Ketika Google menganalisis kualitas backlink, mereka melihat seberapa aktif situs yang menaut ke sobat dan seberapa terkaitnya dengan niche atau topik utama sobat.
Ada banyak cara blackhat untuk mendapatkan backlink, tetapi menerapkan metode ini bermain dengan api. 


Jika Google menangkap sobat menggunakan metode ini, mereka dapat menghukum secara besar-besaran situs sobat, bahkan sejauh menghapusnya dari daftar pencarian sama sekali. Jika bisnis sobat bergantung pada lalu lintas penelusuran, ini bisa menjadi pukulan mematikan.

berikut cara membangun backlink berkualitas:

Menemukan Situs Otoritas Tinggi 

masalah disini adalah agar dapat meningkatkan peringkat sobat, sobat perlu memposting di situs yang memiliki otoritas lebih dari milik sobat. Menulis postingan di blog dengan kualitas rendah tidak akan berdampak banyak hal untuk SEO sobat. sobat perlu blog tamu di situs yang berwibawa.

Untuk membantu sobat menentukan di mana memfokuskan upaya blogging tamu sobat, sobat dapat menggunakan MozBar, alat yang menunjukkan status otoritas domain apa pun. Semakin tinggi otoritas domain, semakin baik untuk blogging tamu.


disini perlu perhatian. Jika sobat akan menulis untuk situs ini, sobat perlu menghasilkan konten yang luar biasa. sobat tidak dapat mengharapkan mereka menerima pos tamu yang bernilai rendah, atau penuh kesalahan tata bahasa. Itu perlu diperhatikan.

Metode dengan broken-link 

metode ini bagus menurut saya, pembuatan broken-link karena ia bekerja sempurna untuk membuat backlink satu arah. Teknik ini melibatkan webmaster dan menghubungi webmaster untuk melaporkan tautan yang rusak di situs webnya. webmaster adalah orang yang mengelolah web tersebut.

Pada saat yang sama, sobat merekomendasikan situs web lain untuk mengganti tautan itu. Dan di sini, tentu saja, sobat menyebut situs web sobat sendiri. Karena sobat melakukan bantuan webmaster dengan melaporkan tautan yang rusak, kemungkinan backlink kembali ke situs web sobat dengan tinggi.
 

Jadi, untuk menggunakan metode broken-link, pertama cari situs web yang relevan di niche sobat. saya sudah menjelaskan apa itu niche dan jenis niche disini. Temukan mereka dengan menggunakan kueri pencarian ini di Google:
  •     kata kunci + tautansobat
  •     kata kunci + sumber daya sobat
  •     kata kunci in url: tautan
Misalnya, jika saya memiliki situs web pengasuhan, saya akan mencari tautan + orang tua.
Untuk menemukan tautan yang rusak dengan mudah di laman tersebut,
download dan instal the google chrome plugin called check my links. Menggunakan plugin ini, saya dengan cepat menemukan semua 404 tautan dari halaman ini.

Sekarang, kembali ke webmaster itu: Saat menjangkau, bersikaplah ramah dan perkenalkan diri sobat. Beri tahu orang ini bahwa dia menautkan ke beberapa sumber daya yang tidak lagi tersedia. 


Selalu berikan lokasi yang tepat dari tautan yang rusak, sehingga mereka dapat dengan mudah ditemukan. Berikan beberapa alternatif untuk mengganti tautan tersebut, termasuk situs web sobat sendiri. Cobalah untuk membantu, tidak tamak untuk mendapatkan backlink. Seringkali, metode ini akan berfungsi, tetapi akan ada kasus ketika webmaster akan menolak untuk menautkannya kembali kepada sobat.

Identifikasi Broken Links
hampir sama dengan metode diatas. Metode ini melibatkan pemilik situs dengan menghubungi pemilik situs web untuk melaporkan tautan yang rusak di situs webnya. Ketika sobat mengirim email kepada mereka untuk melaporkan masalah, sobat dapat membuat saran yang ramah bahwa mereka harus mengganti tautannya yang rusak dengan situs web sobat.


Kemungkinan besar backlink akan kembali ke situs web sobat dengan hasil tinggi karena sobat melakukan kebaikan kepada pemilik situs dan karena tautan sobat lebih baik daripada kesalahan 404 halaman.


Bagaimana sobat menemukan tautan yang rusak ini?

  •    Langkah # 1: Pasang ekstensi Chrome. Check my links atau LinkMiner. Ini secara otomatis akan mendeteksi tautan yang rusak di halaman.
  •    Langkah # 2: Temukan situs atau halaman di niche sobat yang memiliki banyak tautan keluar. Ini bisa berupa laman sumber daya, direktori, dll. Semakin banyak tautan keluar, semakin besar peluang bahwa beberapa dari mereka tidak berfungsi.
  •    Langkah # 3: Identifikasi tautan yang rusak di halaman menggunakan ekstensi Chrome.
Saat sobat mengirim email ke pemilik situs, pastikan bahwa sobat menyarankan konten yang relevan dengan tautan rusak yang asli. Jika tidak, mereka tidak akan menautkan situs sobat.

Postingan Tamu di Situs Web Resmi
hampir sama dengan cara pertama "Otoritas domain" adalah cara yang digunakan untuk mengukur otoritas situs web pada skala 0 hingga 100. Jika sobat bisa mendapatkan tautan balik dari situs otoritas tinggi, itu akan secara signifikan meningkatkan situs sobat dalam peringkat pencarian. Tentu saja, situs-situs ini tidak akan memberikan backlink secara gratis. Jadi bagaimana sobat bisa mendapatkannya? Salah satu cara sederhana adalah blogging tamu.


Ketika sobat menulis postingan blog tamu di situs lain, sobat hampir selalu memiliki opsi untuk memasukkan satu tautan kembali ke situs sobat. Pastikan bahwa tautan menunjuk ke laman yang benar-benar ingin sobat beri peringkat, bukan hanya pada home blog sobat (kecuali memang sobat ingin langsung ke home).


Misalnya, jika sobat mencoba memberi peringkat halaman tempat sobat menjual baju, pastikan backlink menunjuk ke halaman itu.


Julia McCoy berbicara tentang bagaimana dia menggunakan blogging tamu untuk meningkatkan lalu lintas situs secara besar-besaran:


"Kami tidak membayar untuk iklan atau membayar untuk mendapatkan peringkat kami disponsori. Sebaliknya, kami menyediakan konten berkualitas di situs kami dan melalui situs lain untuk meningkatkan otoritas kami di industri. Perusahaan kami yang berusia lima tahun mengungguli pesaing utama sebesar 5% rata-rata, dan kami telah naik ke lebih dari 4.100 peringkat kata kunci dengan Google".
seperti itulah kira kira yang dikatakannya sehingga bisa menjadi pelajaran untuk kita

Promosikan konten Anda.
Konten hebat tidak akan mendapatkan tautan balik kecuali sobat tahu cara mempromosikannya dengan benar. sobat harus mulai keluar dan melakukan penyebaran untuk mempromosikan artikel terbaik sobat.

Salah satu strategi terbaik untuk melakukan ini adalah menghubungi blogger atau situs web yang menjalankan ringkasan mingguan atau bulanan. sobat dapat menggunakan Google dan mencari pertanyaan seperti "kata kunci + roundup." Pastikan sobat memilih, untuk melihat hasil hanya dari minggu atau bulan terakhir.

Kemudian hubungi webmaster dan beri mereka pengenalan singkat ke situs web sobat. Dengan pesan sobat, kirim tautan ke salah satu tutorial atau panduan terbaik sobat. Jika mereka menemukan sumber daya sobat berguna, mereka dapat menautkannya kembali kepada sobat di roundup mingguan berikutnya. Blogger ini terus-menerus mencari konten hebat, jadi mereka pasti ingin mendengar sesuatu dari sobat.


Seperti halnya teknik lainnya, pastikan sobat tidak menyalahgunakan hubungan sobat dengan webmaster apa pun dengan meminta tautan secara langsung.


Buat tautan internal

Tautan internal merupakan faktor kunci untuk menjalankan blog yang sukses. sobat dapat menggunakan keahlian teks sobat. Dengan struktur penautan internal yang baik, sobat dapat membantu pengguna dengan mudah menavigasi ke situs web sobat dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.


Ada alat yang dapat secara otomatis membuat tautan internal di blog sobat, terutama jika sobat menjalankan Wordpress, tetapi sobat harus melakukannya secara manual. Microsoft Matt Cutts telah merekomendasikan agar webmaster menyimpan jumlah tautan internal per halaman di bawah 100, baik untuk kegunaan dan SEO


Buat Halaman Wikipedia Untuk Perusahaan Anda
Wikipedia memiliki otoritas domain yang sangat tinggi, yang berarti bahwa setiap tautan yang berasal dari situs tersebut akan menyampaikan beberapa SEO yang serius.
Tapi bagaimana sobat mendapatkan tautan dari Wikipedia? sobat ingin membuat halaman di wikipedia. Di halaman tersebut, akan menuju langsung ke halaman yang sesuai di situs Anda.


Penting untuk diperhatikan bahwa laman Wikipedia ditinjau dan harus melewati serangkaian ketentuan untuk disetujui. Ini berarti sobat tidak dapat asal membuat, menjejalkannya dengan tautan, dan mengharapkannya disetujui.


sobat harus mengikuti ketentuan yang dijabarkan oleh Wikipedia, termasuk mengutip semua sumber sobat dan memastikan semuanya benar secara faktual.

Gunakan Situs Media Sosial “Dofollow”

Tag "Nofollow" adalah bagian dari kode yang memberi tahu mesin telusur untuk mengabaikan backlink tertentu. Dengan kata lain, jika backlink memiliki tag "Nofollow", Google tidak memberikan banyak bobot dalam hal peringkat pencarian.


Mereka ada untuk mencegah spammer membuka profil Facebook dan akun YouTube yang tak terhitung jumlahnya untuk membuat backlink ke situs web mereka. Namun, tidak semua situs media sosial memiliki tag 'nofollow'.


sobat dapat membuat profil Google+ untuk blog sobat dan menyertakan tautan khusus dengan teks tautan untuk istilah penelusuran yang ingin sobat temukan.

LinkedIn juga memungkinkan sobat untuk membuat jangkar teks kustom saat sobat memilih ‘lainnya’ di tautan situs web pertama.


Google Places memungkinkan sobat membuat daftar bisnis lokal dengan kata kunci target di bidang profil dan deskripsi.


Temukan Sumber Daya yang Kedaluwarsa
Karena hal-hal berubah begitu cepat di internet, semuanya menjadi sangat cepat usang. Misalnya, daftar semua faktor yang menyebabkan postingan Facebook dilihat akan benar-benar usang sejak Facebook telah mengubah algoritme mereka berkali-kali.


Namun demikian, sumber daya yang usang mungkin ada lusinan, atau bahkan ratusan backlink yang mengarah ke sana. Backlink itu sudah matang untuk pengambilan.
Bagaimana sobat melakukannya? Tiga langkah sederhana:

  •     Langkah # 1: Buat sumber daya yang diperbarui.
  •     Langkah # 2: Temukan semua situs yang terhubung ke sumber daya lama. Ada banyak alat, seperti SEMRush atau Ahrefs, yang membuatnya mudah untuk menemukan semua tautan balik.
  •     Langkah # 3: Kirim email ke situs yang menautkan ke sumber daya lama, beri tahu mereka bahwa ini sudah usang, dan beri tahu mereka tentang versi sobat yang diperbarui.
Dengan asumsi konten sobat adalah yang terbaik, sebagian besar pemilik situs akan berterima kasih atas kepala dan lebih dari bersedia untuk menautkannya ke versi baru dan yang diperbarui.

akhir kata membangun backlinnk blog itu susah susah gampang. tetapi jika ada keinginan untuk berusaha maka ada jalan. itulah cara membangun backlink, jangan lupa share ke teman yang membutuhkan.

"Ada tantangan yang harus dihadapi. Ada perjuangan yang harus dimenangkan. Itulah hidup"  #mudahberbagi

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »