(LENGKAP) KANDUNGAN DAN MANFAAT APEL SERTA KULIT APEL

apel memang memiliki sejuta manfaat baik di buah maupun dikulitnya, manfaat inilah yang jarang diketahui oleh kita khususnya yang jarang mengkomsumsi apel. padahal jika saya jabarkan mungkin akan membuat orang menjadi lebih tertarik mengkomsumsi apel. sampai ada kalimat yang berbunyi satu hari satu apel.

meskipun kebanyak orang hanya memakan dalamnya saja. namun kulitnya juga memiliki banyak manfaat yang tanpa disadari berguna. tolong diingat bahwa sebelum memakan kulitnya terlebih dulu ada baiknya untuk mencucinya karna mengandung pestisida yang berbahaya.


berikut adalah manfaat apel yang jarang diketahui. untuk manfaat kulitnya sendiri ada dibagian bawah jadi baca artikel ini dengan teliti agar ilmu kalian bertambah.


Manfaat apel bagi kesehatan
  1. Buah apel yang lezat dan renyah terkenal karena daftar fitonutrien dan antioksidannya yang mengesankan. Studi menunjukkan bahwa komponen-komponennya sangat penting untuk pertumbuhan, pengembangan, dan kesehatan yang optimal.
  2. Apel rendah kalori; 100 g irisan buah segar hanya menyediakan 50 kalori. Namun, mereka tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, buah ini kaya akan serat makanan, yang membantu mencegah penyerapan LDL-diet atau kolesterol jahat di usus. Serat juga menyelamatkan selaput lendir usus besar dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di dalam usus besar. untuk makanan lezat rendah kalori lainnya bisa kalian baca DISINI
  3. Apel kaya akan flavonoid dan polifenolik antioksidan fitonutrien. Total kekuatan antioksidan yang diukur (nilai ORAC) dari 100 g buah apel adalah 5900 TE. Beberapa flavonoid penting dalam apel adalah quercetin, epicatechin, dan procyanidin B2.
  4. Selain itu, apel juga baik dalam asam tartarat yang memberi rasa asam pada apel. Secara keseluruhan, senyawa ini membantu tubuh melindungi dari efek berbahaya dari radikal bebas.
  5. Buah apel mengandung vitamin C dan β-karoten dalam jumlah yang baik. Vitamin C adalah antioksidan alami yang kuat. Konsumsi makanan yang kaya vitamin-C membantu tubuh mengembangkan daya tahan terhadap agen infeksi dan mencari radikal bebas pro-inflamasi yang berbahaya dari tubuh.
  6. Lebih lanjut, buah apel adalah sumber vitamin B kompleks yang ideal seperti riboflavin, tiamin, dan piridoksin (vitamin B-6). Bersama-sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor untuk enzim dalam metabolisme dan juga dalam berbagai fungsi sintetis di dalam tubuh manusia.
  7. Apel juga mengandung sejumlah kecil mineral seperti kalium, fosfor, dan kalsium. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah; dengan demikian, melawan pengaruh buruk natrium.

manfaat kulit apel untuk kesehatan
  1. Serat yang lembut, Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda, tambahkan beberapa kulit apel ke smoothie pagi Anda. Lain kali Anda membuat pai apel atau makanan lainnya yang melibatkan apel organik, jangan buang kulitnya; simpan di kantong plastik di freezer.
  2. Vitamin, Kulit apel dikemas dengan vitamin A dan C. Menurut University of Illinois, hampir setengah dari kandungan vitamin C apel terletak di bawah kulitnya. Tubuh Anda menggunakan vitamin A untuk melindungi penglihatan Anda dan mengembangkan lapisan yang sehat di mata Anda dan organ lain dan dalam proses penting seperti pembelahan sel. Tubuh Anda menggunakan vitamin C untuk menyembuhkan luka dan membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat.
  3. Kemampuan untuk membunuh sel kanker yang berbahaya, menurut Chronicle Online Cornell University, peneliti universitas telah mengidentifikasi sekitar selusin senyawa dalam kulit apel yang disebut triterpenoid. Penelitian menunjukkan bahwa triterpenoid mungkin memiliki kemampuan untuk membunuh sel-sel kanker berbahaya dan melindungi tubuh Anda dari jenis kanker tertentu, seperti kanker hati, usus besar dan payudara.
itulah manfaat serta kandungan dari apel dan kulitnya, terimakasih telah membaca artikel ini

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »