PENYEBAB DEMAM PADA BAYI SERTA CARA MENGOBATINYA


Demam biasanya saat suhu tubuh di atas 38 ° C. Anda harus segera ke dokter jika Anda memiliki bayi di bawah 3 bulan dengan demam.

Apa itu demam?
Sebagian besar bayi memiliki suhu tubuh rata-rata sekitar 36,5 ° C hingga 38 ° C. Demam adalah ketika suhu tubuh bayi Anda naik di atas 38 ° C. Suhu bayi dengan demam dapat naik di atas 38 ° C secara perlahan selama beberapa hari, atau mungkin naik dengan sangat cepat.

Walaupun demam mungkin merupakan tanda penyakit, demam itu sendiri jarang berbahaya karena merupakan respons alami tubuh ketika melawan infeksi. Demam tinggi tidak selalu berarti bahwa bayi Anda menderita penyakit serius.

Apa yang menyebabkan demam?
Demam adalah respons tubuh terhadap infeksi. Ini bisa berupa infeksi virus, seperti pilek atau gastro bug, atau bisa juga infeksi bakteri, seperti beberapa infeksi telinga dan tenggorokan atau pneumonia atau meningitis. Demam juga bisa menjadi efek samping dari vaksinasi. Penelitian menunjukkan bahwa tumbuh gigi mungkin tidak menyebabkan demam.

Cara mengukur suhu bayi Anda
Menggunakan termometer adalah cara terbaik untuk memeriksa suhu bayi Anda. Ada beberapa jenis termometer digital:

  • Termometer probe digital dapat digunakan di mulut anak Anda (secara lisan) atau di bawah ketiak mereka (aksila). Jenis termometer ini sangat umum dan suhu yang diambil secara lisan akan lebih akurat.
  • Termometer telinga digital cepat dan mudah digunakan, tetapi akan memberi Anda pembacaan yang kurang akurat.
  • Termometer arteri temporal digital menggunakan pemindaian inframerah ke dahi anak Anda. Termometer ini mudah digunakan dan akurat.
  • Termometer air raksa tidak lagi direkomendasikan karena dapat merusak dan meracuni anak Anda. Strip demam dan termometer digital dot juga tidak disarankan karena tidak terlalu akurat.
Meletakkan tangan Anda di dahi bayi Anda, atau merasakan kulit di tempat lain, tidak dapat diandalkan.
Dokter, perawat, atau apoteker Anda dapat menunjukkan cara menggunakan termometer dengan benar.

Kapan harus mencari bantuan medis?
- Jika bayi Anda berusia di bawah 3 bulan dan demam, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, walaupun mereka tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.
- Jika bayi Anda berusia 3 hingga 12 bulan, demam mungkin merupakan tanda penyakit, maka temui dokter untuk nasihat medis.
- Jika bayi Anda berusia di atas 12 bulan, temui dokter jika ia demam dan:
1. kesulitan bernapas
2. menjadi mengantuk
3. tidak ingin minum dan tidak cukup weeing
4. muntah berulang-ulang atau sering mengalami diare
5. menampilkan tanda-tanda leher kaku atau sakit kepala

Mengobati demam di rumah
Jika bayi Anda lebih dari 3 bulan dan tampaknya sehat, Anda dapat mengobati demam di rumah.

  • Untuk bayi yang diberi ASI atau susu formula, mereka harus menyusu lebih sedikit, tetapi lebih sering.
  • Bayi yang lebih tua harus sering minum sedikit cairan bening, seperti air, jus buah encer atau ramah. Jangan khawatir jika mereka tidak ingin makan (tetapi khawatir jika mereka tidak minum).
  • Jika bayi Anda demam dan menderita, Anda dapat memberikan parasetamol untuk kenyamanan. Pastikan untuk mengikuti dosis yang benar pada paket dan jangan memberi lebih dari 2 hari tanpa berkonsultasi dengan dokter. Bayi yang lebih tua yang 3 bulan juga dapat memiliki ibuprofen.
  • Australian College of Nursing juga menyarankan agar tidak secara rutin memberikan obat-obatan hanya untuk mengurangi demam pada anak-anak yang tidak menunjukkan tanda-tanda kesusahan. Bicaralah dengan dokter Anda atau kunjungi situs web Memilih Memilih Australia untuk informasi lebih lanjut.
itulah beberapa penyebab demam yang biasanya timbul pada bayi. ingat bahwa untuk pengobatan lebih disarankan untuk segera kedokter. jaga pola makan bayi agar daya tahan tubuh bayi dapat melawan virus yang dapat menimbulkan penyakit pada bayi.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »