Mengapa disebut laut mati? Ini penjelasannya

Mengapa disebut laut mati? Laut ini terbentuk 3 juta tahun yang lalu sudah sangat lama dan pastinya kita semua sudah tau bahwa laut ini terkenal karena sebutannya. 

Laut Mati adalah danau yang membujur di daerah antara IsraelPalestina, dan Yordania. Di 417,5 meter di bawah permukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi. Laut mati terletak pada perbatasan antara Yordania dan bagian barat Palestina, laut mati memiliki titik terendah di bumi pada 1.300 kaki (400 meter) di bawah permukaan laut

Saat itu terbentuk retakan kecil pada lembah sungai yordania dimana air laut masuk dan terkumpul didalamnya. Juga iklim kering evaporasi yang tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Jadi didalam danau ini terdapat garam, kapur, dan gypsum. 

Karena itu air laut ini bisa 10x lipat lebih asin daripada air laut pada umumnya. Membuat semua makhluk laut yang ada disana pergi dan tidak tinggal disana. Karena tidak adanya kehidupan disana maka disebutlah laut mati. 

Oh ya karena laut mati tidak memiliki akses untuk keluar ke laut yang lebih luas maka dari itu garam garam yang masuk terkumpul. Sementara saat proses evaporasi air laut ikut menguap sedangkan garamnya tidak dan tinggal disana sehingga kadar mineral di laut mati begitu tinggi. 

Air dilaut mati juga kehilangan kandungan H2O yang ada didalamnya selama 65000 tahun sehingga mineral semakin terkonsentrasi dan garam semakin banyak. Selain makhluk laut aktivitas manusia sangat kurang disana. 

Karena konsentrasi garam yang begitu tinggi membuat kalian yang tidak tau cara berenang dapat mengapung dengan mudah dan tidak akan tenggelam. Sekedar informasi aktivitas manusia disana hanya untuk menikmati khasiat air laut mati karena kabarnya sangat baik untuk penyembuhan penyakit dan juga orang" Suka melumuri lumpur sebelum berendam disana. 

Itulah alasannya mengapa disebut laut mati, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke teman kalian yang suka membaca artikel menarik. 

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »