Banjir datang! ini Tips yang bisa kamu lakukan

Hi teman mfb, tidak terasa baru berjalan setengah bulan dari tahun baru ini kita diberi banyak cobaan yang harus kita sadari ini adalah sebuah peringatan dan juga ujian bagi kita semua. terutama untuk korban yang mengalami musibah banjir dan gempa ini.

Tak luput dari kita sebagai manusia yang harus saling membantu ditengah pandemi covid-19, Namun pada postingan kali ini saya hanya akan memberikan tips untuk bencana alam banjir. Berikut beberapa tips yang telah saya rangkum:

Sebelum Banjir

1. Perhatikan Cuaca

Bisa dilakukan dengan melihat kondisi cuaca melalui handphone atau melalui TV. Kalian juga bisa memperkirakan cuaca dengan melihat hujan disekitar rumah, jika terlihat hujan semakin deras dan awan masih terlihat "ingin menangis" maka persiapkan dirimu untuk kemungkinan banjir.

2. Jika air mulai naik

Pada langkah ini maka kalian persiapkan diri dengan mengamankan barang barang yang berguna serta penting menurut kalian. Jika masih sempat maka pindahkan barang barang dirumah ke dataran yang tinggi atau tingkat 2 rumah. Kendaraan juga bisa kalian amankan jika waktu masih sempat.

(BACA JUGA: 9 Cara alami meredakan dan mengobati sakit kepala)

3. Matikan listrik

Hal yang paling sering dilupakan ketika memindahkan barang ialah mematikan listrik. Salah satu bahaya yang serius jika listrik bertemu dengan air, maka dari itu pastikan aliran listrik mati.

4. Panggil bantuan

Jika kalian merasa telah selesai mengamankan dan memastikan kondisi rumah kalian dalam keadaan siap. Maka langkah berikutnya adalah memanggil bantuan, hubungi keluarga agar dapat memberikan pertolongan bila mana banjir melanda.

Saat evakuasi

1. Jangan berjalan di arus air

Dalam hal ini, berjalan di arus air hanya akan membahayakan diri karena arus akan membawa kita hanyut. Masih untung jika banjir hanya sampai diatas mata kaki, bagaimana jika 1 atau 2 meter?

2. Gunakan tongkat

Air yang berwarna coklat mengakibatkan kita tak dapat melihat apa yang kita jalani, baik itu dirumah maupun di jalanan. Ada baiknya mengambil tongkat atau kayu panjang sebagai pengaman. Biarkan kalian meraba jalanan dengan tongkat untuk memeriksa apakah ada lubang besar yang ada dibawah atau tidak.

3. Pakai alas kaki

Sendal atau sepatu bisa dijadikan alternatif keamanan karena dengan ini kita bisa terhindar dari batu kerikil, kaca yang pecah atau hal yang membahayakan lainnya.

Saat di pengungsian

1. Makanan

Kerap kali di pengungsian, mie instan selalu menjadi andalan. Namun ada juga loh makanan bergizi yang bisa dikonsumsi seperti makanan berikut

  • Olahan kacang
  • Bubur instan
  • Roti & biskuit
  • Vitamin tablet

2. Minuman

Karena kondisi tersebut tak lupa kita juga merasa dehidrasi dan air minum yang ada juga kurang sehingga air hujan atau air keran menjadi solusi, tapi jangan pernah mencobanya!

Konsumsi saja air mineral dan juga jika perlu konsumsi susu. Dan jika sama sekali tidak ada maka kalian bisa mengomsumsi air yang sudah dipanaskan.

(BACA JUGA: Tips mengatasi flu dimusim hujan secara alami)

3. Pakaian

Saat proses evakuasi jangan lupa untuk membawa pakaian karena baju yang lama akan meninggalkan banyak bakteri yang membuat baunya apek sehingga bisa menganggu pengungsi yang lain.

Biarkan kondisi suhu tubuh tetap hangat karena umumnya suhu tubuh manusia adalah 35-37 derajat celcius. Jika lebih rendah maka kalian lebih rentan terserang flu. 

Setelah banjir

1. Perhatikan kondisi cuaca

Sebelum pindah dari pengungsian kerumah sendiri, maka ada baiknya untuk memeriksa kondisi cuaca apakah masih akan hujan lebat atau tidak. Fungsinya agar kalian tidak perlu repot repot lagi jika terjadi banjir susulan.

2. Jauhi bangunan yang rusak

Bangunan yang rusak kerap kali membuat kita menjadi panik jika suatu saat bangunan itu roboh atau ambruk. Ini merupakan bahaya serius dan juga mungkin saja terdapat pecahan kaca didekat bangunan tersebut jadi tetap berhati hati.

3. Jauhi peralatan listrik

Jangan terlalu yakin jika ada peralatan listrik yang sudah mati/tidak memiliki arus listrik. Berjaga jaga merupakan prioritas utama untuk menjadikan diri aman. 

4. Periksa stok makanan

Untuk menghindari banjir susulan dan juga persediaan saat kembali kerumah maka kalian harus selalu mengecek stok makanan yang ada. Pentingnya memakan makanan yang cukup agar semua anggota keluarga kebagian.

(BACA JUGA: 7 Cara mudah melindungi diri dari Covid-19 dimasa pandemi)

5. Bersihkan rumah

Terakhir jika cuaca sudah membaik maka saatnya bersih bersih rumah. Didalam rumah dapat dipastikan lumpur sudah menguasai lantai rumah maka untuk membersihkannya jangan menggunakan sapu ijuk, lebih baik gunakan sapu air agar lumpur cepat keluar dari rumah.

Mungkin itu saja Tips yang bisa saya bagikan untuk kalian semua. Jika ada tambahan bisa berkomentar dibawah ini ya.

keyword: hal yang dilakukan sebelum banjir, hal yang dilakukan setelah banjir, tips saat banjir, menjaga kesehatan saat banjir, makanan yang baik dipengungsian.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »