Cara agar takbiran menjadi meriah

Malam takbiran menjadi momen yang mengasyikkan dan berkumpul, sebelum keesokan harinya merayakan hari lebaran. Seringkali anak-anak juga meramaikan malam spesial ini dengan berbagai permainan dan acara. untuk menjadikan takbir keliling meriah ada beberapa cara:

1. Pengumuman

Pengumuman adalah salah satu komunikasi yang biasanya ditujukan untuk target sasaran dalam lingkup tertentu. Teknik ini adalah salah satu cara yang paling murah, paling mudah, dan paling efektif. Apabila ditempatkan dan diawasi secara layak, maka pengumuman akan banyak menarik perhatian orang-orang yang berada dilingkup sekitar dimana pengumuman itu berada. 


Pengumuman biasanya ditempatkan dimana ia dapat dilihat dan dibaca dengan baik, yaitu: halte, papan informasi, papan iklan, dan di tempat umum lainnya. Informasi dalam sebuah pengumuman biasanya meliputi sebuah event, kegiatan sosial dan hiburan yang akan menarik perhatian orang sehingga mereka berdatangan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

2. Kegiatan Sosial

Kegiatan Sosial merupakan suatu kegiatan dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita. Kegiatan sosial diadakan dengan tujuan – tujuan tertentu. Kegiatan sosial antar warga yang dilakukan adalah untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli sesama masyarakat yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka. 


Dari segi teknik komunikasi, kegiatan sosial digunakan sebagai media untuk mengumpulkan orang/massa. Setelah massa yang berkumpul cukup banyak disitulah kita dapat menyampaikan pesan/informasi. Sehingga tujuan dari penyampaian informasi lebih efektif dan tepat sasaran.

3. Buat beberapa keseruan
  • Meriam Bambu
Biasa dilakukan di daerah, permainan meriam bambu menjadi atraksi spesial saat malam takbiran. Sambil mengumandangkan takbir para anak-anak berlomba untuk menghidupkan meriam bambu di lapangan atau dekat masjid. Tentunya kemeriahan ini juga disaksikan para warga di desa.
  • Pawai Obor
Di beberapa daerah, perayaan malam takbiran diramaikan dengan pawai obor keliling kota. Anak-anak akan dibekali obor dari bambu dan berkeliling kota dengan meneriakkan takbir. Tidak lupa pula mereka mengajak masyarakat untuk berkeliling bersama.
  • Pawai Bedug
Pawai beduk menjadi puncak dari hari terakhir Ramadan karena mereka akan meneriakkan takbir, tanda Lebaran akan datang. Biasanya beduk akan diletakkan di atas truk dan dibawa keliling kota. Tidak lupa pula berbagai shalawat dilantunkan sehingga malam takbiran makin meriah.

Keywords: cara agar takbir keliling jadi meriah, tips mengumpulkan teman saat takbiran, takbir keliling ramai dan aman.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »