Cara mengatasi hp oppo yang mati sendiri dan nyala tidak normal

Mungkin ada beberapa pengguna Android OPPO yang mengalami permasalahan HP sering restart sendiri padahal baterai penuh, atau HP sering macet dan tiba-tiba mati dan nyala sendiri?. Untuk menjawab apa sebab dan cara mengatasinya silahkan simak terus ulasannya berikut ini.

Nah, adapun faktor terjadinya HP OPPO sering restart sendiri atau bahkan mati tidak bisa nyala kalau tidak dengan menekan tombol power lagi diantaranya sebagai berikut:

  • Adanya kerusakan File pada sistem operasi android atau User interfacenya
  • Banyak file temporary, file sampah dan cache yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan
  • Sering install aplikasi dan game bukan dari situs resmi
  • Sistem android sudah di root
  • CPU dan RAM sudah overload karena banyak aktifitas data di sistem
  • Suhu prosesor overheat melebihi suhu yang direkomendasikan
  • Pengguna melakukan custom ROM bukan versi pabrikan
  • Kesalahan proses flashing dengan firmware yang salah versinya
  • Lamanya pemakaian dan ponsel jarang direstart manual, dan lain sebagainya

1. Bersihkan Cache HP OPPO

Perlu untuk kita ketahui bahwa hp android OPPO yang mengalami restart secara tiba - tiba sering kali kali disebabkan oleh file cache yang menumpuk. Maka dari itu jika HP OPPO yang kita miliki mulai mengalami penurunan performa dimana ponsel mulai lemot dan mendadak mati sendiri, cobalah untuk membersihkan file sampah pada perangkat android tersebut.

2. Pindai HP OPPO Menggunakan Antivirus

Adanya virus pada HP OPPO yang kita miliki ternyata dapat membuat perangkat android menjadi sering restart sendiri. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita melakukan scanning pada memori HP OPPO yang kita miliki. Untuk melakukan pemindaian virus pada ponsel android OPPO tersebut, kita bisa menggunakan bantuan Aplikasi Antivirus yang telah tersedia secara gratis di Google Play Android.

3.  Hapus Aplikasi Yang Mengganggu

Tahukah anda jika ternyata ada beberapa aplikasi yang terdapat kemungkinan mengandung virus didalamnya ? Dimana aplikasi tersebut jika kita instal pada smartphone OPPO yang kita miliki akan merusak sistem android. Jadi jika kita mengalami masalah HP OPPO sering restart sendiri setelah menginstal aplikasi, kita patut mencurigai pada aplikasi yang terakhir di instal pada perangkat android tersebut.

Alangkah baiknya untuk memperbaiki HP OPPO yang mati hidup secara terus menerus tersebut kita perlu menghapus aplikasi yang baru saja kita unduh tersebut. Untuk menghapus aplikasi tersebut, kita bisa menggunakan cara yang sama pada langkah di atas.

4. Lepas Akses Root di HP OPPO

Melakukan Unroot pada ponsel android OPPO yang kita miliki dapat menjadi salah satu cara mengatasi hp restart berulang - ulang. Perlu untuk kita ketahui bahwa memang terkadang melakukan root hp android dapat meningkatkan performa smartphone, namun terkadang tidak sedikit yang mengalami ponsel android restart sendiri terus menerus karena kegagalan root tersebut.

Maka dari itu untuk mengembalikan kondisi seperti sedia kala alangkah lebih baiknya jika kita melakukan unroot pada hp android OPPO yang kita miliki tersebut.

5. Coba Cabut MicroSD

Cobalah untuk melepas MicroSD dari perangkat android OPPO yang kita gunakan. Langkah kali ini bertujuan untuk memastikan kondisi SD Card yang kita miliki. Berdasarkan pengalaman teman, hp android yang dimilikinya selalu restart sendiri ketika kartu memori dipasang pada perangkatnya tersebut. Akan tetapi jika tidak menggunakan kartu memori masalah hp android yang mati hidup sendiri sama sekali tidak muncul.


Maka dari itu untuk memastikannya, cobalah untuk mencabut microSD dan aktifkan kembali HP OPPO yang kita miliki tersebut. Performa smartphone dapat menurun apabila terdapat kerusakan pada MicroSD yang kita gunakan.

6. Update Sistem Android HP OPPO

Melakukan Update Sistem pada smartphone android OPPO yang kita miliki berfungsi untuk meningkatkan performa hp android dari sisi software. Tidak menutup kemungkinan bahwa HP OPPO yang sering mati sendiri tersebut disebabkan karena adanya bugs pada software lama yang kita gunakan. Oleh karena itu dengan adanya Update Sistem Android ini, kita bisa 
memperbarui Sistem Android OPPO sekaligus menghilangkan bugs yang ada.

7. Factory Reset HP OPPO

Jika dari semua cara diatas belum juga dapat mengatasi masalah restart sendiri pada HP OPPO yang kita miliki maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan Hard Reset. Hard Reset HP OPPO (Factory Reset) atau yang lebih sering kita kenal dengan mengembalikan Android ke setelan pabrik ini memang terbukti cukup ampuh untuk mengatasi semua masalah error yang ada pada sistem dan aplikasi smartphone android.






Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »