Kenapa keju berlubang?

Halo sobat mfb, didalam serial kartun yang paling terkenal yaitu tom and jerry, kita biasanya melihat keju yang bulat dan berlubang lubang. tapi saat kita melihat keju biasa yang ada di indonesia ini, maka kita hanya akan melihat keju yang kotak utuh tanpa lubang sedikitpun.

Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat zat padat didalam susu melalui pengentalan atau koagulasi, proses ini dibantu oleh bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet.

Didalam dunia nyata sendiri, memang terdapat keju yang berlubang yang paling terkenal adalah keju emmental dari swiss. lubang yang ada dikeju tersebut bukan tanpa sebab, dilansir dari dairymilk lubang yang ada dikeju tersebut merupakan hasil dari bakteri seiring dari lamanya proses penuaan keju. bakteri tersebut adalah S.Thermphilus, lactobacillus dan P. shermani. bakteri pertama mengeluarkan asam laktat yang akan dikonsumsi oleh P. shermani dan kemudian P. shermani mengeluarkan gas karbon dioksida.

Hal inilah yang menyebabkan kantong kecil menjadi lubang lubang pada keju tersebut. jadi didalam keju tersebut terkandung karbon dioksida, gas gas ini terperangkap didalam keju dan tidak dapat keluar lagi kecuali jika keju dibelah. jadi intinya lubang tersebut adalah gas karbondioksida yang terperangkap.

Keju swiss adalah keju yang padat sehingga sangat sulit bagi gas gas keluar sehingga membentuk lubang lubang didalam keju. seiring berjalannya waktu pabrik pembuatan keju makin lama makin higienis dan membuat lubang di keju swiss makin lama makin kecil.

Ini semua disebabkan karena banyak peternakan susu modern sudah meninggalkan proses pemerahan tradisional demi metode modern dan efisien. hal inilah yang mengurangi partikel partikel kecil yang masuk kedalam susu.

Keywords: mengapa keju swiss berlubang, mengapa ada keju berlubang dan ada yang tidak, kenapa keju berlubang, proses lubang pada keju, bakteri pada keju.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »