Cara mengatasi voice note whatsapp bermasalah

Sering kali kita menjumpai beberapa masalah saat mengirim pesan enta itu karena jaringan yang kurang stabil atau karena masalah teknis lain yang timbul dikarenakan handphone sudah tak mampu lagi mengimbangi perbaruan whatsapp yang kian hari kian canggih. 

Padahal dengan menggunakan voice note itu sendiri maka kita dapat menghemat waktu pengetikan jika kita malas mengetik dan juga dapat digunakan dengan berbagai macam kebutuhan kita.

Penyebab Voice note bermasalah mungkin disebabkan oleh 2 hal berikut:

 1. Masalah Sender (pengirim pesan suara), misalnya :

  • tidak bisa kirim pesan suara lewat whatsapp
  • microphone pengirim bermasalah

2. Masalah si penerima pesan suara, misalnya :

  • volume telepon terlalu kecil
  • speaker hp rusak
  • internet tidak ada

untuk itu kalian bisa coba beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi masalah pada voice note whatsapp kamu:

Cara mengatasi voice note whatsapp yang tidak bersuara

1. Nonaktifkan Sensor Proximity Layar HP

Layaknya kondisi saat menerima panggilan telepon, jika kamu mendengarkan voice note dengan mengangkat telepon ke telinga secara otomatis layar hp akan menjadi gelap. Hal ini dikarenakan kamu telah mengaktifkan sensor proximity pada layar hp tersebut.

Nah .. bagi kamu yang tidak ingin layar mati saat memutar pesan suara whatsapp, caranya dengan menjauhkan tangan atau benda apapun dari sensor proximity di layar hp kamu. Dengan begitu layar hp tidak akan gelap dan kamu bisa mendengarkan voice note whatsapp lewat speaker hp kembali.

2. Coba Gunakan Headset

Jika kedua cara diatas sudah kamu coba namun voice note whatsapp masih tidak ada suara, maka cobalah dengarkan pesan suara tersebut menggunakan headset. Hal ini bertujuan untuk memastikan kerusakan berasal dari speaker hp kamu atau malah voice note itu sendiri.

Selain untuk mendengarkan pesan suara whatsapp, bila perlu coba gunakan untuk memutar musik ataupun video youtube. siapa tau headset kamu bermasalah dan bisa ketahuan dengan memutar musik.

(BACA JUGA: Tips mengamankan akun whatsapp jika hp kamu hilang atau dicuri)

3. Berikan Izin Akses Microphone

Salah satu penyebab whatsapp tidak bisa kirim pesan suara bisa terjadi karena kamu belum memberikan izin aplikasi. Hal ini mengakibatkan error seperti voice note whatsapp tidak ada suaranya.

Oleh karena itu agar hp tidak bisa merekam suara di aplikasi whatsapp, kamu perlu memberikan izin dengan cara :
  • Masuk ke Pengaturan lalu pilih Pengelola Aplikasi.
  • Lalu cari dan pilih aplikasi Whatsapp.
  • Setelah itu ketuk menu Izin Aplikasi
  • Kemudian pastikan pada bagian Microphone sudah mendapatkan izin.

4. Mulai Ulang HP Android

Jika dengan mereset jaringan internet di atas masih belum bisa mengatasi vn wa tidak keluar suara maka coba restart hp android yang kamu miliki.

Caranya :
  • Tekan tombol power hp android kamu selama tiga detik.
  • Setelah itu akan muncul pilihan matikan daya atau mulai ulang > pilih saja mulai ulang.

Selain digunakan untuk merestart sinyal internet di hp kamu, cara ini juga bertujuan untuk merefresh sistem pada hp android yang kamu miliki.

5. Hapus Cache Aplikasi WhatsApp

Penyebab lain voice note whatsapp error adalah terlalu banyaknya file cache pada aplikasi wa tersebut. Menumpuknya cache aplikasi wa ini dapat mengakibatkan vn tidak ada suara saat kamu buka.

Untuk itu cobalah untuk membersihkan cache whatsapp di hp android kamu tersebut, dengan cara masuk ke pengaturan > cari aplikasi > pilih whatsapp > lalu hapus cache.

Meskipun tidak ada hubungannya, tidak ada salahnya jika kamu coba cara tersebut untuk memperbaiki masalah pada voice note whatsapp android.

6. Update Aplikasi Whatsapp

Tidak menutup kemungkinan aplikasi whatsapp kamu tidak bisa mendengarkan suara voice note yang masuk dikarenakan versi aplikasi yang sudah terlalu lama.

Jika memang seperti itu kondisinya, update aplikasi whatsapp ke versi terbaru terlebih dahulu supaya masalah pesan suara error bisa hilang. Untuk memperbarui aplikasi whatsapp kamu bisa masuk ke playstore android lalu pilih update aplikasi.

Akan tetapi jika wa sudah kamu update dan voice note masih tidak bisa diputar maka coba instal ulang aplikasi tersebut seperti cara di bawah ini.

7. Hapus Lalu Pasang Kembali Aplikasi Whatsapp

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan namun voice note whatsapp masih tidak bisa ada suaranya maka langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menginstal kembali aplikasi whatsapp.

itulah 7 cara mengatasi voice note whatsapp yang bermasalah pada hp kalian, namun jika dari cara diatas belum berhasil maka kalian bisa ke tempat yang lebih tau tentang masalah hp kalian karena tidak menutup kemungkinan speakernya sudah rusak atau sudah tidak berfungsi dengan maksimal.

Bagikan ke temanmu!

Artikel mfb lainnya

Previous
Next Post »